Petugas Kecolongan, Prokes Covid-19 Tidak Diterapkan di Pelabuhan Tarempa

  • Whatsapp
Saat proses turun naik para penumpang di Pelabuhan Tarempa
jasa website rumah theme

Anambas, metrosidik.co.id–Penumpang KM Bukit Raya yang tiba di pelabuhan Tarempa pada Senin, 26/04/2021 turun tanpa pengecekan dan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas.

Di pelabuhan terlihat sejumlah petugas dari Polsek, Babinsa dan petugas pelabuhan berjaga mengatur penumpang naik turun dari kapal. Di lokasi tidak terlihat petugas kesehatan melakukan uji validasi terhadap penumpang.

Para penumpang tidak dilakukan pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan pada tubuh dan barang bawaan serta tidak melakukan pendataan terhadap penumpang yang turun.

Tim Gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengaku kecolongan. “Sebenarnya aturannya, Dinas Kesehatan memberikan info kepada kita selaku tim BPBD menginstruksikan bahwasanya hari ini KM Bukit Raya akan bersandar. Jadi kita akan bersiap untuk menyemprot disinfektan dan mengecek suhu tubuh para penumpang yang turun,” terang Rowandi salah satu petugas Gustu Covid-19 kepada awak media.

Hal itu juga diakui Kepala Puskesmas Tarempa Januardi kepada awak media. Ia menyebut, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah pasien yang terinfeksi Covid.

“Iya memang belum tercover karena tim lagi sibuk turun pemeriksaan kesehatan ke rumah-rumah pasien yang terdampak positif covid,” sebut dia.

Januardi juga menerangkan, bahwa saat ini pihaknya bekerja siang malam untuk mencegah penyebaran virus Corona. “Karena, kalau petugas sudah sakit kacau, sebab tim bertugas dalam penaganan berkerja siang malam agar tidak kecolongan serta mencegah penambahan kasus baru di Anambas ini, serta protokol kesehatan harus ketat,” kata dia.

*Yn

Baca juga  Ingat besok PPKM Jawa dan Bali jilid II, begini aturan pembatasannya

Pos terkait