Ditjen Pajak Kini Bisa Cek Langsung Rekening dan Kartu Kredit, Apindo: Hati-hati

  • Whatsapp
Ditjen Pajak Kini Bisa Cek Langsung Rekening dan Kartu Kredit, Akpindo: Hati-hati
ILUSTRASI (Foto: dok)

METROSIDIK.CO.ID — Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan kini bisa mencek langsung rekening koran hingga kartu kredit para wajib pajak.

Wakil Ketua Umum Apindo Suryadi Sasmita mengatakan Ditjen Pajak akan melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap kondisi aset dan kepatuhan perpajakan setelah terlaksananya program pengungkapan sukarela atau PPS.

“Kami jelaskan [kepada pengusaha], hati-hati karena Ditjen Pajak sistemnya sudah sangat canggih, dia punya AEOi [automatic exchange of information], sampai bisa melihat rekening koran, bukan saja laporan akhir tahun, termasuk hubungan dengan kartu kredit,” kata Suryadi saat konferensi pers, Senin (4/7/2022).

Baca juga  Wabup Rodhial Terima Program CSR dari SKK Migas di Objek Wisata Geosite

Suryadi Sasmita menjelaskan bahwa PPS merupakan kesempatan bagi para wajib pajak, termasuk pengusaha, untuk menyelesaikan berbagai kewajiban perpajakan. Setelah itu, menurutnya, tidak akan ada kesempatan lain bagi para wajib pajak untuk mengungkapkan harta yang dia miliki.

Dikutip Bisnis.com, Sasmita menyebut bahwa pengawasan oleh Ditjen Pajak akan semakin ketat, sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya penyimpangan. “Kami mengimbau agar para pengusaha dapat melaporkan hartanya dengan jujur setelah PPS selesai,” ucapnya.

Menurutnya, sistem AEOi membuat Ditjen Pajak dapat bertukar informasi dengan otoritas di berbagai negara mengenai harta seseorang. Data tersebut akan menjadi acuan dalam perhitungan dan kewajiban perpajakan.

Baca juga  Ulama Karismatik NU Minta Menag Yaqut Libatkan dan Dengarkan Masukan dari Kiai Kampung

Dia mengungkapkan PPS menjadi jembatan bagi para wajib pajak, terutama pengusaha untuk menyelesaikan terlebih dahulu kewajiban perpajakannya sebelum adanya sanksi atas ketidakpatuhan pajak.

“Keberadaan AEOi dan berbagai sistem lain dapat memungkinkan pelacakan harta dengan lebih optimal, sehingga ketidakpatuhan pajak dapat lebih terdeteksi. Saya selalu sampaikan itu, jangan sampai nanti terlambat [setelah PPS selesai karena tidak ada kesempatan lagi],” kata Suryadi.

 

jasa website rumah theme


Dapatkan Pelanggan Anda!
Dengan Pasang Iklan Banner....


Pos terkait