Press "Enter" to skip to content

Reses Unik Anggota DPRD Anambas


Dibaca 678 kali

Anambas, metrosidik.co.id-Tampung aspirasi warga, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tingkat pusat hingga daerah diberikan kesempatan turun langsung bertemu dan menyapa warga melalui program Reses. Reses DPR ini dapat dilakukan secara kelompok maupun perseorangan di luar masa sidang.


Namun kali ini ada yang unik dari cara reses salah satu anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Jasril Jamal. Jasril Jamal anggota DPRD dua priode di Kabupaten Kepulauan Anambas ini melaksanakan reses perseorangan dengan mendatangi langsung perahu-perahu nelayan yang tengah melaut.

Jasril Jamal saat menyerahkan bantuan minyak solar kepada nelayan yang tengah melaut

Kegiatan resesnya mendapat perhatian dari para nelayan. Soalnya, Kebijakan politis Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini banyak bersentuhan langsung terhadap nelayan. Belum lama ini, saat menghadiri hari ulang tahun nelayan ke-47 tahun yang diprakasai oleh pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC-HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas, Jasril berupaya untuk memberikan jaminan keselamatan para bagi nelayan.

Selain memperhatikan keselamatan para nelayan, Jasril Jamal Wakil ketua Komisi II anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas ini juga menghimbau agar para nelayan turut berperan serta dalam menjaga lingkungan dan ekosistem laut.

Foto bersama nelayan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19

“Laut adalah sumber utama perekoniman kita, untuk itu kita harus menjaga kebersihan dan kelestariannya. Nelayan sangat berperan dalam hal ini, seperti tidak membuang sampah pelastik di laut,” terang Jasril kepada metrosidik, Jum’at 19 Juni 2020.

Jasril menyebut, di tengah pandemi Viruscorona ini banyak perusahaan-perusahaan terancam bangkrut,lapangan pekerjaan semakin sulit serta kemiskinan akan meningkat. “Bersyukur kita di kepualauan ini memliki kekayaan laut yang masih melimpah. Tinggal bagaimana cara kita menjaga dan mengolahnya,” tambah dia.

Dalam kegiatan rerses di tengah laut ini, Jasril menampung aspirasi para nelayan, memberikan edukasi kerbersihan lingkungan serta sedikit berbagi sebagai rasa kepeduliannya kepada nelayan. Kunjungan itu sekaligus memberikan bantuan minyak solar terhadap nelayan yang sedang melaut.

*Fitra