Press "Enter" to skip to content

HUT DPC-HNSI Anambas, Jasril Utamakan Keselamatan Nelayan


Dibaca 913 kali

Anambas, metrosidik.co.id–Peringati HUT Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ke-47 tahun, Dewan Pimpinan Cabang (DPC-HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas mengangkat tema, “Nelayan Anambas Kompak Menuju Sejahtera” yang diperingati di Tarempa, pada Kamis, 21 Mei 2020. Kegiatan juga disertai bagi-bagi ikan kepada masyarakat oleh nelayan.


Kekompakan yang dimaksudkan nelayan antara lain untuk menjadi mitra yang baik kepada lembaga, instansi dan kantor yang berkepentingan disektor Kelautan dan Perikanan agar terwujudnya kesejahteraan nelayan, khususnya nelayan di Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan itu, Jasril Jamal, Wakil ketua Komisi II anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, memberikan apresiasi atas kegigihan para nelayan Anambas yang selalu semangat dan tetap menjaga persaudaraan, terlebih pada pandemi Virus Corona.

Ia akui, tidak semua orang mampu berprofesi sebagai seorang nelayan yang notabene pekerjaan yang berat, apalagi harus menghadapi cuaca yang ekstrem. “Saya pernah beberapa kali ikut nelayan melaut, tidak mudah menjadi seorang nelayan. Pekerjaan itu berat dan penuh resiko. Di laut banyak tantangan, selain cuaca, mesin rusak, ini yang dihadapi mereka,” terangnya kepada Metrosidik, Kamis, 21/05/20.

Untuk itu, anggota DPRD dua priode dari Partai Amanat Nasional ini, berupaya kedepannya untuk memberikan fasilitas pendukung bagi keselamatan nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Selain itu, dikatakannya, saat melaut, nelayan harus kompak dan saling berkomunikasi antara satu sama lain.

“Kedepannya, saya bersama eksekutif, khususnya Dinas Perikanan akan berupaya menyediakan perangkat radio komunikasi yang terpusat untuk nelayan. Tentunya ini juga perlu dukungan dari teman-teman di DPRD,” tambahnya.

Radio induk yang dikatakan Jasril, nantinya akan ditempatkan di setiap desa yang kemudian akan dikonekan ke setiap radio milik nelayan. “Dengan adanya radio teman-teman nelayan dapat menghubungi perangkat yang terdekat. Ini sangat membantu memberikan informasi jika ada insiden di laut,” tambahnya.

Jasril juga berpesan kepada nelayan untuk selalu menjaga kebersihan laut dengan tidak membuang sampah plastik seperti bungkusan Indomie dan lainnya.

Ketua Harian DPC-HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas M Yusuf dalam keterangan persnya menyampaikan
bahwa nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas mencari ikan dengan pompong ukuran 5-8 GT dari puluhan Mil sampai ratusan Mil hingga di perbatasan negara tetangga seperti Malaysia. Hal tersebut dikarenakan memang beberapa tahun kebelakang tangkapan nelayan terus mengalami penurunan.

Dirinya berharap, ke depan nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas bisa sejahtera dengan potensi alam yang begitu luar biasa.

Turut hadir dalam acara tersebut, Jasril Jamal Anggota DRPD Kabupaten Kepulauan Anambas, Komandan Lanal Tarempa, Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Cakhyo Dipo Alam, Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuzairi.

*Fitra