Press "Enter" to skip to content

Makna Tema Serta Logo Hari Pahlawan 2020


Dibaca 425 kali

Metrosidik.co.id-“Pahlawanku Sepanjang Masa” tema yang dipilih dalam rangka peringati hari pahlawan 10 Nopember 2020. Untuk memperingati Hari Pahlawan 2020, Kementerian Sosial telah menyiapkan rangkaian acara serta logo peringatan Hari Pahlawan 2020.


Tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” ini mengandung arti bahwa saat ini banyak pahlawan-pahlawan muda yang senantiasa membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai sisi kehidupan. Di era digital saat ini, banyak bermunculan sosok inspiratif dengan ide, karya, dan kontribusi yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, di lingkup regional, nasional, dan bahkan dunia. Mereka bisa influencer, content creator, olahragawan, pebisnis muda, artis, sociopreneur, animator, dan sederet pekerjaan lainnya.

Tema Hari Pahlawan 2020 ini juga disertai logo. Di bagian atas logo bertuliskan “Pahlawanku Sepanjang Masa” sebagi tema. Di bagian bawah logo  tertera tahun penyelenggaraan dengan diapit masing-masing tiga bintang. Logo Hari Pahlawan 2020 berbentuk bulat dengan seorang pejuang berdasi merah menegakkan bambu runcing dan bendera merah putih berkibar di ujungnya.

Apa yang telah dilakukan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan perjuangan. “Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” tulis Kemensos.

Momen bersejarah tahun ini diperingati saat pandemi Covid-19. Karena itu, Pemerintah, melalui Kementerian Sosial membuat kegiatan yang berbeda dan unik. “Dalam garis besar bahwa kegiatan Hari Pahlawan ini ada tiga main menu, yaitu upacara ziarah nasional, upacara tabur bunga di laut, dan upacara penganugerahan Pahlawan Nasional oleh Presiden, ujar Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Edi Suharto melalui keterangan pers Kemensos.

Menurut Kemensos, Hari Pahlawan sebaiknya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa.

Oleh karena itu, tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Artinya, apa yang telah dilakukan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan perjuangan. “Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” tulis Kemensos.

*