Press "Enter" to skip to content



Warga Anambas! Hati – Hati Dengan Penipuan Online.


Anambas, metrosidik.co.id – Sindikat penipuan online sudah tak asing lagi di telinga bagi masyarakat. Penipuan terjadi bukan di perkotaan saja. Bahkan di Kabupaten Kepulauan Anambas pun penipuan online dengan cara meretas WhatsApp para pejabat sudah sering terjadi akhir-akhir ini.

Salah satu tren kriminalitas yang sering terjadi ditengah masyarakat saat ini adalah penipuan online melalui handphone.

Ditengah pandemi Covid-19 ini tingkat kriminalitas semakin meninggi. Bermacam modus yang dilakukan pelaku untuk mengelabui korban.

Polwan Polsek Siantan sekaligus menjabat sebagai Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek, Briptu Reva Yanti, memberikan himbauan kepada beberapa masyarakat yang ada di Kecamatan Siantan ini.

“Sebagian masyarakat kita di daerah pulau ini pasti banyak yang belum tahu penipuan online itu seperti apa, takutnya mereka langsung percaya, jadi saya ber himbauan mengenai modus penipuan lewat online ini,” ucap Reva. Senin, 24 Agustus 2020.

Desa Tiangau, Arung hijau, Kecamatan Siantan Selatan merupakan salah satu desa yang diberi himbauan. “Respon masyarakat cukup baik saat diberi himbauan,” sebut Reva lagi.

Salah satu ibu-ibu ada yang curhat bahwa pernah mendapat panggilan telepon yang mengaku dari Bank BRI, dan ia mengatakan bahwa si ibu memenangkan undian uang dan meminta segala bentuk password agar hadiah bisa diambil.

“Pertama kali angkat tiba-tiba bilang saya menang hadiah undian, saya senang sekali waktu itu, pas udah lama nelpon kok saya curiga banyak sekali yang dia minta, dia nanyain ada SMS masuk yang kirim kode password tidak, disitulah saya curiga, lalu saya matikan,” ujar Rina salah satu warga Arung Hijau.

Briptu Reva juga memberi pesan kepada masyarakat yang ada di Arung Hijau, supaya tetap menjaga kerukunan hidup bermasyarakat dengan menjaga keamanan dan ketertiban.

“Tujuan kita lakukan himbauan ini supaya masyarakat tetap aman ditengah pandemi Covid-19, dan juga antara kepolisian dengan masyarakat bisa terjalin kerjasama dalam menjaga keamanan,” tukasnya. (Ayu)

More from DaerahMore posts in Daerah »