Press "Enter" to skip to content

TB Melanda Anambas, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan


Dibaca 340 kali

Anambas, metrosidik.co.id – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas melakukan pemetaan penderita TB untuk deteksi dini dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular khususnya memutuskan rantai penularan.

TB merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang paru dan organ lainnya. Sebut Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit KKA, Islam Malik, di Kantor Dinas Kesehatan KKA, Tarempa. Kamis, 21 November 2019.

Penyakit menular yang berbahaya ini dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, jika tidak secepat dini di obati. “Penyakit TB dapat menular melalui udara dari percikan bersin dan batuk”. Jelas Islam Malik.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten KKA tahun 2018 sampai saat ini, ditemukan sebanyak 68 penderita TB diataranya sebanyak 52 penderita TB berusia dewasa dan 16 penderita TB berusia anak – anak.

Dikatakannya dalam jumlah kasus tersebut tidak ditemukan penderita yang meninggal.

Inovasi Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana KKA, melalui bidang pencegahan, pengendalian penyakit, Islam Malik mengatakan, apabila penderita TB ditemukan, pihaknya akan melakukan pemetaan, dan jika salah satu keluarga penderita TB ditemukan pihak terkait akan melakukan pemeriksaan kontak serumah. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini penyakit TB agar segera di obati.

Tes Cepat Molekuler ( TCM ) sebagai pemeriksaan awal TB. Alat ini hanya berada di Rumah Sakit Palamatak Kabupaten KKA. “Seluruh puskesmas KKA akan mengirimkan sampel dahak ke Dinas Kesehatan setempat kemudian pihak dinkes menyampaikan ke rumah sakit pamatak untuk diperiksa” Sebut, Islam Malik diakhir wawancara.

Laporan : Fai

-->

Informasi Covid-19 di Indonesia

INDONESIA 12,071 (POSITIF) 2,197 (SEMBUH) 872 (MENINGGAL) Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir : 06 Mei 2020 13:23:52 WIB