Press "Enter" to skip to content

Pemda Apresiasi Langkah Nyata Telkomsel Hadirkan Sinyal 4G di Jemaja


Anambas, metrosidik.co.id–Langkah cepat Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) memperluas akses jaringan internet di perbatasan akhirnya membuahkan hasil. Alhasil, saat ini Kecamatan Kute Siantan dan dan Kecamatan Jemaja, Kelurahan Letung telah terkoneksi layanan jaringan Telkomsel 4G. Layanan ini memanfaatkan jaringan fiber optik
backbone Palapa Ring Barat.

Peningkatan layanan jaringan 4G Telkomsel di dua Kecamatan di perbatasan NKRI itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Jeprizal.

Jeprizal Kadiskominfotik KKA Bersama Pihak Telkomsel
Jeprizal Kadiskominfotik KKA Bersama Pihak Telkomsel

“Alhamdulilah perubahan itu sangat menyentuh di seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Letung dan Kecamatan Kute Siantan. Ditambah lagi kondisi covid-19 ini masyarakat sangat membutuhkan layanan sinyal dengan akses internet yang maksimal,” sebut dia. Selasa,14/9/20.

Jeprizal menyebut, kabar baik ini mendapat apresiasi dari masyarakat setempat, bahkan berencana akan melaksanakan syukuran. “Kita akan melaksanakan syukuran, saya akan koordinasi dengan camat setempat,” ucapnya.

Apresiasi ini juga disampaikan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris kepada Telkomsel, Telkom Group yang telah berkerjasama dengan pihak penyedia infrastruktur telekomunikasi yaitu PT.Moratelindo yang menghubungkan jaringan teristerial transmisi tower yang dibangun di Pulau Matak- Gunung Teluk Bayur dan Pulau Jemaja-Desa Batu Berapit Pantai Padang Melang dengan jarak lebih kurang 70 km dari Tarempa dan NOC-Palapa Ring Barat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Telkomsel yang terus bergerak maju meningkatkan layanannya sampai ke pelosok negeri kawasan perbatasan Negara Kepulauan Anambas. Sehingga Pulau Matak, Kecamatan Palmatak, Kecamatan Kute Siantan, Kecamatan Jemaja-kelurahan Letung bertambah lagi terhubung dengan sinyal 4G Telkomsel oftik maupun wireless dalam pemanfaatan backbone Palapa Ring Barat,” imbuhnya.

“Inilah yang didamba-dambakan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Saat ini telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan yang mendesak dan sudah menjadi kebutuhan dasar yang berkelanjutan. Bukan hanya di kota saja, tapi di pulau pulau seperti di daerah kami perbatasan juga membutuhkan koneksi layanan telekomunikasi yang memadai. Kami berharap Telkom dan Telkomsel terus bergerak melangkah maju untuk Indonesia untuk Kepulauan Anambas yang merupakan daerah kepulauan yang terpisah-pisah dengan daratan yang merupakan bagian dari NKRI sebagai garda terdepan di perbatasan negara,” lanjut, Abdul Haris.

Tidak hanya itu, bupati juga menyampaikan kepada Telkom, pembangunan gelaran jaringan optik Telkom yang sekarang dalam proses pekerjaan menuju Kecamatan Jemaja Timur yang menghubungkan tower Telkomsel site Kecamatan Jemaja Timur, Desa Kuala Maras dapat dengan segera tersambung. Sehingga layanan di lokasi tersebut dapat dengan segera dirasakan oleh masyarakat. Kualitas layanan 4G LTE dimana sekarang masih menggunakan IDR/Vsat masih belum maksimal.

Lanjut dia, begitu juga dengan layanan sinyal 4G di Desa Batu Berapit agar Telkomsel dapat dengan segera berkerjasama memanfaatkan tower milik PT.Moratelindo agar sinyal 4G LTE Telkomsel dengan akses internet cepat bisa dirasakan juga di kawasan tersebut seperti di bandara, pemukiman dan kawasan pariwisata Pantai Padang Melang.

“Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih, Telkomsel telah menghadirkan layanan 4G LTE. Dan terimakasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Polhukam, Kementerian Maritim, Kementerian Kominfo, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi BAKTI-Kominfo, Palapa Ring Barat, Telkom Group, Moratelindo dan berharap agar Kabupaten Kepulauan Anambas terkoneksi jaringan 4G dan layanan akses internet cepat antar pulau,”sebut bupati.

*Fitra