Press "Enter" to skip to content



Kadin Anambas Gesa Perdagangan Lintas Batas Negara


Metrosidik.co.id–Di saat denyut ekonomi semakin melemah setelah diterjang pandemi Coronavirus Disesase 2019 (Covid-19), Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kepulauan Anambas optimis, daerah perbatasan dapat menjadi tonggak ekonomi bangsa.

Potensi itu disampaikan Ketua Kadin Kepulauan Anambas, Muh Nasrul Arsyad, SE. M.Si, saat rapat bersama Pengurus Kadin Provinsi Kepulauan Riau serta Gubernur Kepulauan Riau Isdianto. Batam Rabu, 09/09/20 lalu.

Foto bersama Gubernur Kepulauan Riau, Kadin Kepulauan Riau dan Kadin Kepulauan Anambas

Menurutnya, beberapa potensi dan infrastruktur pendukung penguatan ekonomi itu ada pada Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Anambas salah satu Kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Asia. Sektor perikanan, pertanian hingga pariwisata menjadi peluang besar jika diberdayakan dengan tepat,” terang dia.

Dikatakannya, saat pandemi tidak semua sektor ekonomi dapat digerakan. Jika berkenan untuk mendongkrak ekonomi saat ini, ia mengajak pemerintah daerah setempat bersinergi bersama Kadin untuk membuka lintas batas negara dalam sektor eksport baik hasil perikanan dan pertanian.

“Hanya beberapa sektor saja kalau untuk saat ini. Diantaranya sektor perikanan, pertanian dan UMKM yang harus segera digerakan. Saat ini harus segera melakukan terobosan baru yakni ekspor langsung hasil perikanan beberapa negara tetangga. Insyaallah Kadin siap bersinergi bersama pemerintah daerah,” lanjut dia.

Hal senada juga disampaikan ketua Kadin Kepulauan Riau, Alfan Suheiri dalam rapat kerja tersebut. Menurutnya, Kabupaten Kepulauan Anambas memang dikenal kaya akan sumber daya alam dan layak sebagai daerah investasi.

“Untuk itu, saya minta Kadin Kepulauan Anambas segera bergerak, kita akan support. Jika perlu potensi ini akan kita sampaikan dengan pengurus Kadin Indonesia,” sebutnya.

Sebelumya, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dihadapan Gubernur Kepri saat pelantikan Kadin pada 5 September lalu juga mengusulkan agar Kabupaten Kepulauan Anambas dapat melakukan eksport langsung terlebih di sektor perikanan.

*Fitra