BREAKING NEWS
Press "Enter" to skip to content

Angka Kematian Ibu dan Anak di Anambas Menurun


73 views

Anambas, Metriosidik.co.id–Kondisi situasi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), di Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, sebut, Feri Oktavia, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana KKA. Jum’at 29 Nopember 2019.

Berdasarkan pantauan metrosidik di Dinas Kesehatan, PPkb KKA, di ketahui jumlah kasus pada bulan Januari sampai dengan November tahun 2019, di temukan sebanyak angka kematian Ibu (AKI) 1 (satu) kasus, dan sebanyak angka kematian balita AKB) 2 kasus.

“Upaya yang dilakukan untuk mendorong penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, salah satunya yaitu meningkatkan pelayanan pemeriksaan kehamilan (ANC) bagi tenaga kesehatan yang terlatih.” Sebut Feri Oktavia.

Kemudian implementasi kelas ibu hamil juga merupakan program yang diberikan oleh pelayanan puskesmas atau bidan sebagai edukasi dan informasi dalam perawatan kehamilan, persalinan dan pasca persalinan. Tambahnya.

Fungsi jampersal ( jaminan persalinan) juga menyediakan, membantu kelahiran, menyingkapi ibu hamil beresiko tinggi untuk dirujuk. “Bagi mereka yang tidak mempunyai jaminanan kesehatan nasional (JKN), dapat dirujuk dengan jampersal, rumah tunggu sudah ada setiap rumah sakit”. Ujarnya

Harapannya, kedepan tidak ada lagi jumlah kematian bagi ibu hamil dan bayi. “Semua stakeholder harus terlibat dalam mendukung penurunan kasus,” tutup Feri Oktavia, Kabid Kesmas diakhir wawancara. .

Laporan : Fai

Be First to Comment

Apa Tanggapan Anda Tentang Artikel ini?