Press "Enter" to skip to content



KMP Bahtera Nusantara 01 Rangkai Pulau Hingga Lintas Provinsi


Anambas, metrosidik.co.id–Kapal Roro (pengangkut kenderaan roda dua dan empat) KMP Bahtera Nusantara 01 milik negara ini akhirnya tiba di Kabupaten Kepulauan Anambas setelah melalui perjalanan sekitar 16 jam dari Pelabuhan Tanjung Uban Provinsi Kepulauan Riau .

Pelayaran Perdana KMP Bahtera Nusantara 01 ini tiba tiba di Pelabuhan Terminal Matak, Desa Matak, Kecamatan Kute Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, pada Kamis (16/07).

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, menggelar prosesi Tepung Tawar sebagai rasa syukurnya bersama masyarakat atas suskesnya program pemerintah untuk merangkai pulau hingga menyatukan dua provinsi, yakni Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kalimantan Barat.

Ia juga menyampaikan, kapal ini sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas. “Alhamdulillah hari ini terwujud dan berdampak positif bagi masyarakat Anambas. Adapun terlaksananya tepung tawar tadi rasa wujud, rasa hormat dari Kabupaten Kepulauan Anambas agar dapat diberikan kemudahan untuk masyarakat Kepulauan Riau khususnya Anambas, dan dengan adanya kapal ini menjadi kemudahan dari sisi kebutuhan sembako, pertanian dan lain sebagainya sudah ada sarana dan prasarana yang memungkinkan tentu ada nilai tambahnya setelah hadirnya kapal ini,”sebut dia.

Sementara’ itu, Kepala Seksi Transportasi SDP Komersial dan Perintis BPJS Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, Riskan A.md LLAJ. SE mengatakan, KMP Bahtera Nusantara 01 ini merupakan aset dari negara yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan yang diserahkan kepada ASDP sebagai operatornya. Kehadiran Kapal tersebut dalam rangka mendukung perekonomian di Kepulauan Riau.

Beliau berharap Mudah-mudahan dengan beroperasinya armada kapal ini mampu memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan perekonomian antar pulau khususnya sebagai jembatan sarana pemerataan logistik sampai ke Provinsi Kalimantan Barat,” tambah dia.

Sementara itu, General Manager PT. ASDP Ferry Cabang Batam, Arifuddin Ts, SE berharap dengan adanya KMP Bahtera Nusantara 01 ini dapat menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Kepulauan Anambas. Dalam hal ini, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah membuat terobosan untuk menghubungkan antara pulau-pulau dan Pulau Kalimantan dengan menyediakan ukuran kapal dengan ukuran panjang 71, 92 M dan lebarnya 14 M.

KMP Bahtera Nusantara 01 ini akan melayani rute Tanjung Uban, Tambelan, Sintete, Pontianak, Serasan, Penagi, dan Matak.

*Red